PROSES
PERKEMBANGAN
Perkembangan fisik (motor) siswa
Terdapat empat macam faktor yang
mendorong kelanjutan perkembangan motor skills anak yang juga memungkinkan
campur tangan orang tua dan guru dalam mengarahkannnya. Keempat faktor itu
sebagai berikut :
a.
Pertumbuhan dan perkembangan sistem syaraf.
Pertumbuhan dan perkembangan kemampuannya membuat intelegensi ( kecerdasan anak
meningkat) dan menimbulkan pola tingkah laku yang baru. Semakin baik
perkembangan kemampuan sistem syaraf seorang anak semakin baik dan beragam pula
pola-pola tingkah laku yang di milikinnya.
b.
Pertumbuhan otot-otot. Otot merupakan jaringan
sel-sel yang dapat berubah memanjang dan juga sekaligus merupakan unit atau
kesatuan sel yang memiliki daya mengkerut. Diantara fungsi-fungsi pokoknya
adalah sebagai pengikat organ-organ lainnya dan sebagai jaringan pembuluh yang
mendistrubusikan sari makanan. Peningkatan tegangan otot anak dapat menimbulkan
perubahan dan peningkatan aneka ragam kemampuan dan kekuatan jasmaninya.
c.
Perkembangan dan pertumbuhan fungsi kelenjar endrokrin. Kelenjar adalah alat tubuh yang menghasilkan cairan atau getah,
seperti kelenjar keringant. Perubahan fungsi dari kelenjar-kelenjar endokrin
akan mengakibitakan berubahnya pola sikap dan tingkah laku seorang remaja terhadap
lawan jenisnya.
d.
Perubahn struktur jasmani. Semakin meningkat
usia anak maka akan semakin meningkat pula ukuran tinggi dan bobot srta
proporsi tubuhn pada umumnya. Perubahan jasmani ini akan banyak berpengaruh
terhadap perkembangan kemampuan dan kecakapan motor skills anak. Pengaruh
perubahan fisuk seorang siswa juga tampak pada sikap dan perilakunya terhadap
orang lain, karena perubahan fisisk itu sendiri mengubah konsep diri ( self
concept) siswa tersebut.
0 komentar:
Posting Komentar